Tips Makanan Mudik Pencegah Kantuk

Bulan ramadhan tahun 1436 H hampir berakhir. Sudah menjadi tradisi hampir seluruh orang di Indonesia untuk pulang kampung atau sering kita menyebutnya mudik. 

Tradisi mudik biasanya dilakukan dengan berbagai jenis transportasi, seperti udara, darat, dan laut. Baik menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan umum. 

Tujuan mudik adalah untuk berkumpul kembali dengan keluarga dan melepas kerinduan dengan keluarga besar kita di kampung halaman. Namun tidak dipungkiri lagi angka kecelakaan lalu lintas pada saat gelombang mudik masih saja tinggi. Hal ini disebabkan salah satunya karena rasa mengantuk, kelelahan, bahkan dehidrasi pada saat perjalanan panjang. 

Dokter gizi kesehatan Tirta Prawita Sari, M.Sc, SpGK menjelaskan bahwak rasa kantuk pada saat mudik dapat disebabkan salah satunya oleh pola makan. Nah disini Bu Mentik mau berbagi beberapa jenis makanan yang dapat menjauhkan kamu dari rasa ngantuk

1. Gunakan kombinasi Air putih, teh, dan kurma pada saat berbuka (Apabila berangkat sore hari). Kurangi mengkonsumsi karbohidrat berlebihan agar aliran darah tidak terkonsentrasi pada pencernaan yang bisa bikin ngantuk. Ada baiknya mengganti nasi putih dengan Jagung, gandum, atau nasi merah.

2. Konsumsi makanan yang mengandung vitamin C karena vitamin C yang asam dapat mengusir rasa kantuk. 

3. Makan buah apel yang dikonsumsi dengan kulitnya. Selain dapat mencegah kantuk, buah apel dapat menjaga rasa kenyang lebih lama.

4. Konsumsi dark coklat dengan kandungan rendah gula.  Kandungan endorfin pada coklat tersebut memicu fungsi otak anda untuk tetap bekerja sehingga terhindar dari rasa kantuk.

Makanan-makanan seperti jagung, olahan gandum, buah apel, dan dark coklat sangat cocok dikonsumsi pada saat sahur dan sebelum berangkat mudik. Pastikan juga konsumsi air putih anda cukup karena air putih juga merupakan hal yang sangat penting untuk menjaga fokus dan menjauhkan diri dari rasa kantuk


Nah selamat mudik ya sahabat, hati-hati di jalan dan selamat hari raya idul fitri 1436 H. Semoga amal-amal ibadah puasa kita senantiasa diterima di sisi Allah SWT dan kita dijadikan sebagai manusia yang lebih bertaqwa. Amin.