Tips Menjaga Berat Badan Saat Lebaran

Genap sebulan kita telah menjalani puasa. Mungkin banyak dari kita yang pada saat puasa menargetkan untuk menurunkan berat badan juga, akan tetapi banyak orang yang ketika sudah berhasil menurunkan berat badannya saat puasa terkaget-kaget mengalami lonjakan berat badan yang sangat signifikan pada saat hari lebaran atau idul fitri. 

Agak susah mungkin menahan hawa nafsu untuk memakan sajian yang tersedia di meja makan rumah atau jamuan catering saudara yang sangat lengkap. Berbeda dari bulan sebelumnya. Nah kamu gak mau kan kalau usahamu sebulan penuh menurunkan berat badan hancur dalam waktu 1-2 hari lebaran?

Tenang aja, disini Bu Mentik mau berbagi sedikit tips buat menjaga berat badan kamu pada saat lebaran. Yuk simak

1. Hindari makan kuah berlebihan, apalagi kuah bersantan (Pasti godaannya berat banget ini). Nah kalau memang iman gak cukup kuat buat menjauhi makanan tersebut kamu cukup makan dagingnya saja. Jauhi kulit, dan gajih (lemak) yang ada di dalam Opor, rendang, atau hidangan-hidangan lainnya.

2. Kurangi porsi nasi putih. Jangan jadikan lebaran menjadi ajang balas dendam pada saat berpuasa. Apabila disediakan alternatif nasi merah ataupun roti canai (olahan gandum) pilihlah makanan tersebut sebagai pengganti nasi.

3. Jauhi Softdrink, sirup buah-buahan lainnya yang sangat mengandung banyak gula. Ambilah air putih sebagai alternatif.

4. Konsumsi sayur atau buah yang mengandung banyak serat. Karena serat dapat melarutkan lemak-lemak  lebih cepat seperti brokoli, alpukat, kubis, jagung manis, apel, dll. 

Sedikit tips nih. Apabila pada pagi hari kamu sudah disuguhi menu-menu lebaran yang beraneka ragam dan siangnya akan berkunjung lagi ketempat saudara yang tentunya akan disuguhi lagi makanan-makanan yang tidak kalah menggoda, konsumsi jagung manis ataupun apel pada saat siang hari. 

Hal ini dapat membuat kamu lebih kenyang sehingga tidak tergoda lagi untuk menyantap makan siang secara berlebihan.

Semoga sedikit tips dari Bu Mentik ini membantu ya sahabat. Selamat hari raya idul fitri 1436 H. Segenap kru Bu Mentik Catering dan Wedding Organizer mengucapkan mohon maaf lahir dan batin.